6 Album Lagu Disko karya Imaniar yang Tetap Membekas di Hati

Sekarang kalau ada yang menyebut “disko”, pasti akan mengarah pada aliran EDM atau musik disko elektronik. Padahal tidak terbatas itu saja. Tengok-tengoklah lagu Imaniar, Fariz RM, atau mungkin Chrisye. Disko pada zaman mereka cenderung lebih luwes. Khususnya karya Imaniar, inilah 6 album lagunya yang tetap membekas hati sampai kapan pun.

Lagu Disko karya Imaniar

1. Hasratku (1988)

Sebagai album lagu pertama, rupanya lagu-lagu disko yang terhimpung di dalamnya mampu dengan baik mencuri perhatian pecinta musik Tanah Air era 80-an. Lagu yang cukup ampuh mendongkrak popularitasnya bertajuk “Yang Kunanti”, “Acuh”, dan “Berdua”. Keseluruhan lagu yang terhimpun dalam album “Hasratku” bercerita tentang kehidupan sejati.

Sebut saja lagu “Hasratku”, “Naluri”, “Kebebasan”, “Tegar”, dan “Acuh”. Keempat lagu ini memiliki judul dengan napas yang sama, kendatipun berbeda cara menyampaikan liriknya. Keempat lagu tersebut condong ke arah cara seseorang hidup. Entah dengan cinta atau tidak. Lagu lainnya meliputi “Berdua”, “Kehidupan”, “Pagi”, dan “Bahagia adalah Derita”.

2. Kacau (1989)

Imaniar tergolong musisi yang cukup produktif. Hanya selang setahun setelah album “Hasratku” dirilis, datang lagi album barunya ini. Album ini disebut-sebut sebagai album tersukses dan terjual nyaris 1 juta copy. Lagu-lagu di dalamnya bertajuk “Kacau”, “Tergoda”, “Waktu”, “Sesal”, “Gemilang”, “Ternyata”, dan lainnya.

3. Kesal (1990)

Setahun setelahnya lagi muncul album bertajuk “Kesal”. Dalam album ini, lagu yang menjadi andalannya berjudul “No Money”. Laagu lain yang tak kalah keren berjudul “Samba”. Pada peluncuran album ini, Imaniar sudah kelihatan lebih matang daripada album sebelumnya. Kualitas suara dan pembawaan lagunya sudah betul-betul khas musisi internasional.

4. Cinta Gula dan Roti (1992)

Terbawa irama musik disko yang asyik untuk berdansa, maka meluncurlah album lagu ini. Lagu yang menjadi andalan di album ini bertajuk “Mana, Mana”. Sementara lagu yang menjadi judul album tersebut dinyanyikan bersama Dorie Kalmas. Boleh dikatakan bahwa album lagu ini merupakan gabungan antara Imaniar dengan Dorie Kalmas.

Lirik pada lagu “Cinta Gula dan Roti” tergolong seksi. Keseksian itu sangat terasa ketika mulai masuk lagu dengan penanda “saat cinta menggoda anganmu”. Lagu itu pula yang mengajarkan bahwa cinta itu sampai kapan pun tetap manis. Pada dasarnya memang begitu. Hanya saja, hal-hal yang membuat pahit selalu berasal dari luar itu.

5. Lepas (1995)

Lagu ini lebih cenderung ber-genre pop disko. Pembawaannya lebih lembut dan jujur. Pesan itu akan tersampaikan ketika kamu mendengar lagu-lagu di dalamnya. Terutama lagu yang berjudul “Lepas” dan sekaligus menjadi judul album. Dalam album ini terdapat lagu “Anak Malam”, “Lepas”, “Damai”, “Masa Masa”, “Jujur Padaku”, “Apatis”, dan “Katakan”.

6. Semoga Abadi (2000)

Datang pada pergantian abad, album Imaniar bertajuk “Semoga Abadi” ini cukup sukses di pasaran. Album ini sangat populer pada masanya dan tidak akan pernah terlupakan oleh penggemar musik disko di Tanah Air. Berkat album ini pula membawa Imaniar jadi nominator 2 kategori dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI).

Namun ada kabar yang cukup membuat penggemar musik asli Indonesia terhenyak. Bagaimana tidak. Pasalnya, single “Semoga Abadi” yang saking populernya sampai dijiplak oleh musisi asal Malaysia. Bahkan dalam kurun waktu 4 tahun, penjualannya mampu mengantongi pemasukan sebesar 1 miliar.

Popularitas Imaniar dalam ranah lagu disko Tanah Air menjadi sinyal bahwa Indonesia memiliki talenta hebat. Ketika musik disko Tanah Air bangkit lagi pada akhir-akhir ini tentu menjadi kabar sedap bagi Indonesia. Khususnya buat penggemar musik disko lawas yang sudah lama menahan haus akan geliat bermusik genre disko untuk tahun-tahun mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar